Lintas Mengabarkan
Iklan1

Kasat Binmas Nisel Jumat Curhat Kantor Camat Fanayama

NISEL – Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Nias Selatan, AKP Piktor Tua P. Silalahi menggelar kegiatan Jumat Curhat. Kegiatan kali ini dikantin Kantor Camat Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Jum’at (03/11/2023).

Tampak hadir, Camat Fanayama Ronal Fau, Sekcam Fanayama, Kepala Desa Lahusa Fau, Personil Sat Binmas Polres Nias Selatan, Tokoh Adat Desa Lahusa Fau, Perangkat Desa Lahusa Fau, dan Masyarakat Desa Lahusa Fau.

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap Minggu agar aspirasi warga sampai tingkat desa dapat terserap dan pesan-pesan Kamtibmas bisa disampaikan sampai ke tingkat terkecil di desa, untuk menyerap aspirasi, keluh kesah warga atau menjawab secara langsung pertanyaan – pertanyaan warga yang berkaitan dengan tugas atau pelayanan Kepolisian. Kata Kasat Binmas AKP Piktor Silalahi SH.

“Kami mau dengarkan keluhan masyarakat terkait dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah masing-masing termasuk keluhan warga desa lahusa fau kali ini.” Beber Kasat Binmas Polres Nisel.

Sebagai sahabat masyarakat, Kapolres Nias Selatan melalui Kasat Binmas menyampaikan bahwa kegiatan Jumat Curhat ini telah dilaksanakan secara rutin dan digelar setiap Jumat, baik di tingkat Polres maupun di seluruh Polsek wilayah Kabupaten Nias Selatan. Ungkapnya.

Menanggapi terkait permintaan Camat Fanayama, Ronal Fau mengharapkan agar disetiap Desa ada personil Bhabinkamtibmas, Kasat Binmas Polres Nias Selatan, Piktor Tua P. Silalahi menyampaikan bahwa Bhabinkamtibmas adalah program Kapolri yang mana 1 Bhabinkamtibmas membina 1 Desa. Namun dikarenakan kurangnya personil Polres Nias Selatan, maka Bhabinkamtibmas ada yang membawahi sampai 20 Desa. Jelasnya.

Pada kesempatan ini, Ia juga berharap kepada Pj. Kades Lahusa Fau sebagai Penjabat baru agar dalam memimpin Desa itu, tidak takut masuk ke Desa Lahusa Fau dan harus siap menampung setiap permasalahan yang terjadi di Desa Lahusa Fau, dan kepada masyarakat bahwa terpilihnya Pejabat sementara Kepala Desa saat ini berdasarkan amanat dari kepala daerah. Harapnya.

Kasat Binmas Polres Nias Selatan, AKP Piktor Tua P. Silalahi juga menyampaikan bahwa Bhabinkamtibmas akan lebih aktif melaksanakan sambang ke Desa Lahusa Fau. dan melaporkan kepada Kasat Binmas apabila ada Bhabinkamtibmas yang tidak bisa dihubungi atau tidak pernah berkunjung ke Desa. Tegasnya.

Menanggapi tentang Pemilu 2024 khususnya pemilihan Legislatif, agar tetap menjalin hubungan yang baik antar masyarakat walaupun berbeda pilihan dan agar tidak membangun permusuhan.

Dalam hal pelaksanaan pemilu, posisi Polri di dalam pemilu adalah netral, dan tidak berpihak kepada calon legislatif dan partai manapun juga.

Dalam kesempatan ini juga Ia mengingatkan kepada Camat Fanayama terkait pemilu pada tahun 2014 yang lalu, yang mana terjadinya peristiwa pembakaran gudang suara di Kecamatan tersebut.

Untuk itu, agar menjelang pemilu 2024 tidak terulang kembali dan terciptanya pemilu yang damai dengan bersama-sama sejak dini menjaga situasi tetap kondusif dengan meminimalisir adanya masyarakat mabuk karena mengkonsumsi tuak nifaro sehingga tidak tertutup kemungkinan akan memicu keributan. Tuturnya.

Kapolres Nias Selatan melalui Kasat Binmas berharap, agar kegiatan Jumat Curhat ini dapat menyerap aspirasi dan saran dari masyarakat, maupun keluhan masyarakat terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Tambahnya.(zeb)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.