Lintas Mengabarkan
Iklan1

Longsor di Jalan Lintas Toba Taput, TNI Polri Gerak Cepat Bersihkan Material

TOBA – Hujan yang cukup lama di Kabupaten Toba sejak Kamis (23/11/2023) sore hingga malam menyebabkan terjadi tanah longsor di Sipintu Pintu Kecamatan Tampahan Desa Tangga Batu Timur Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Jumat (24/11/2023) sekira pukul 02.30 Wib, dini hari tadi.

Tanah longsor dari tebing setinggi 30 meter di tanah kosong yang ditumbuhi pohon tersebut menutupi Jalan Lintas Antara Kabupaten Toba dan Taput

Material tanah dan pohon yang tumbang menutupi jalan menimbulkan kemacetan di sepanjang Jalan di kedua arah.

Pantauan di lokasi, tampak 3 alat berat dan Personil TNI Polri BPBD dan Damkar membersihkan puing puing material longsor.

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH SIKmelalui Kasi Humas AKP B. Samosir mengatakan saat ini kondisi arus Lalulintas sudah bisa kembali dilalui kendaraan.

“Petugas dari Satgas Bencana Pemkab Toba, Polres Toba, TNI dan di bantu oleh Badan Jalan Provinsi Sumatera Utara serta Camat dan Sekcam Tampahan sedang berupaya membersihkan tumpukan tanah longsor dan pohon dari tengah jalan,” ujar Samosir.

Kasi Humas Polres Toba menjelaskan personil Polres Toba bahu membahu bersama TNI dan instansi terkait segera melakukan upaya evakuasi jalan dan melaksanakan pengaturan untuk mencegah terjadinya laka lantas disekitar TKP.

Menurutnya, peristiwa tanah longsor tersebut sempat menimbulkan kemacetan total di dua arah karena jalan tak bisa dilalui. Seluruh satgas bencana Pemkab Toba, Polres Toba dan TNI bekerja keras untuk membersihkan material longsor di jalan lintas Sumatera.

Pukul 07.00 WIB, situasi Jalan Lintas Sumatera sudah mulai terurai dari kemacetan dan lalulinta kembali Normal.

“Saat ini beberapa polisi lalu-lintas, TNI, Damkar dan Badan Jalan Provinsi Sumatera Utara terus memantau arus lalulintas serta memberikan peringatan-peringatan kepada pengendara, terlebih sabtu dan minggu Final Jetski world Champonship,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.