Lintas Mengabarkan
Iklan1

Pengamanan Grand Final Danau Toba Rally 2023 Seri ke-4 Berlangsung Aman dan Meriah di Parapat

PARAPAT – Polres Simalungun telah sukses melaksanakan tugas pengamanan pada hari kedua dari event otomotif bergengsi, Grand Final Danau Toba Rally 2023. Seri ke-4 kejuaraan yang menjadi bagian dari Asia Pacific Rally Championship (APRC) dan IMI National Rally Championship dilaksanakan pada Sabtu, 25 November 2023, di areal Hutan Tanaman Industri TPL Sektor Aek Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Acara yang dimulai pukul 07.00 WIB ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo SH, pembina IMI Sumut H. Musa Rajeksah S.Sos M.Hum dan Ketua IMI Sumatera Utara Harun Mustafa Nasution. Kegiatan juga turut disaksikan oleh Ketua KONI Sumatera Utara, Jhon Ismadi Lubis, dan Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C. Sipayung.

Dalam wawancara dengan Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C. Sipayung, menjelaskan lebih lanjut tentang kesuksesan pengamanan Grand Final Danau Toba Rally 2023, “Untuk mengamankan acara sebesar ini, kami telah menyiapkan strategi terpadu yang melibatkan koordinasi erat dengan panitia penyelenggara, pengawasan titik-titik strategis, pengaturan lalu lintas, serta pengamanan langsung di sepanjang lintasan rally. Kami juga melaksanakan patroli dan intelijen sebelum dan selama acara berlangsung.”ucap AKBP Ronald. Sabtu (25/12/2023).

“Kami menurunkan sekitar 200 personel gabungan, yang terdiri dari Satuan Lalu Lintas, Satuan Sabhara, Satuan Intelkam, dan bantuan dari kesatuan lain termasuk TNI untuk memastikan acara berlangsung aman dan lancar, Tantangan terbesar adalah mengatur aliran lalu lintas dan memastikan keselamatan para peserta dan penonton, terutama di lokasi yang memiliki risiko kecelakaan tinggi. Kami juga harus siaga terhadap faktor cuaca yang bisa mengubah kondisi trek secara tiba-tiba.”ungkap AKBP Ronald.

Lebih lanjut Kapolres Simalungun menjelaskan Apakah ada insiden atau kejadian yang menonjol selama pengamanan hari ini.

“Tidak ada insiden besar yang merugikan. Meski ada beberapa kendala teknis yang dialami peserta, yang terpenting semua bisa diselesaikan dengan baik dan tidak menimbulkan kecelakaan serius.”kata AKBP Ronald.

Kapolres Simalungun berharap,”Harapan saya adalah melalui kegiatan berskala internasional seperti Danau Toba Rally ini, kita dapat semakin mempromosikan pariwisata Indonesia. Selain itu, tentunya saya berharap kegiatan ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk lebih tertib dalam berlalu lintas dan meningkatkan kesadaran akan keamanan dan keselamatan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat. Mari bersama-sama kita jaga keamanan dan ketertiban.”pungkas AKBP Ronald.

Sejumlah personel Polres Simalungun dipimpin oleh Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F. C. Sipayung SH MH SIK dengan didampingi Wakapolres Simalungun Kompol Efianto dan Kabag Ops Kompol Raymond Godfried Mulatua Hutagalung, dengan dukungan sejumlah anggota polisi lain, bertugas mengamankan jalannya kejuaraan. Mereka bekerja sama untuk memastikan acara berjalan lancar dan tanpa gangguan.

Kegiatan hari ini juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo SH tiba pukul 13.10 WIB di lokasi Aek Nauli PT. TPL, Tbk, disambut langsung oleh Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C. Sipayung.

Kehadiran Menpora RI bukan semata-mata untuk menghadiri, tapi juga untuk memantau langsung kesuksesan penyelenggaraan grand final yang penting bagi perkembangan olahraga dan pariwisata di kawasan Danau Toba.

Sebanyak 37 tim berhasil mencapai garis finish dari total 66 yang memulai, dengan beberapa peserta mengalami kegagalan di SS5 Negeri Dolok 1 Aek Nauli akibat kerusakan kendaraan. Walaupun ada kendala teknis, kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan terkendali, berakhir pukul 18.00 WIB.

Kejuaraan Danau Toba Rally 2023 merupakan ajang penting yang juga bertujuan untuk mempromosikan Indonesia sebagai tuan rumah FIA World Rally Championship pada tahun 2025. Seri ke-4 diikuti oleh 70 peserta dari berbagai negara, termasuk Selandia Baru, India, Australia, Brazil, Portugal, dan Thailand.

Penyelenggaraan Grand Final FIA APRC ASIA CUP 2023 berlangsung dari 24 hingga 26 November, dengan 12 tahapan SS dan total lintasan mencapai 150,35 Km. Komitmen Polres Simalungun dalam menyediakan pengamanan yang aman telah membuat kegiatan tersebut berjalan sukses, mendukung visi olahraga dan pariwisata Indonesia di kancah internasional.

Kegiatan pengamanan tersebut menunjukkan komitmen dan upaya keras kepolisian setempat dalam mendukung penyelenggaraan event olahraga berskala internasional dan menyediakan lingkungan yang aman dan terkendali bagi semua pihak yang terlibat.(asen)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.