Lintas Mengabarkan
Iklan1

Ribuan Umat Muslim di Sumatera Utara Gelar Aksi Bela Palestina

MEDAN – Lima ribuan umat Islam dan umat beragama lainnya di Sumatera Utara hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) 10 Desember 2023, melakukan aksi Solidaritas Kemanusiaan bertajuk Sumut Bela Palestina, bertempat di halaman Istana Maimun Medan.

Diawali pukul 04.30 wib, salat subuh berjamaah kemudian dilanjutkan dengan orasi dan tausiyah serta ditutup do’a dan pengumpulan donasi untuk muslim Palestina.

Dilokasi, tampak sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk tampak hadir, diantaranya Tokoh Nasional 212 Pembela Umat Islam, H Bachtiar Nasir dari Jakarta, Ketua MUI Sumut, Dr H.Maratua Simanjuntak, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Sumut, Drs H.Abdul Rahim, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut, H.Musa Rajekshah, Ketua SPS/PWI Sumut, H.Farianda Putra Sinik, Ketua MUI Medan, Dr H.Hasan Matsum, K.H. Zulfikar Hajar dan Para pengurus MUI, Pengurus FKUB, Perwakilan dari Umat beragama, para pejabat Pemprov, Polda Sumut dan Kodam I/BB serta ribuan masyarakat dari berbagai daerah berkumpul menyatu dengan kostum warna putih dan membawa atribut serta bendera Palestina.

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan oleh Drs H.M.Hatta Siregar berisikan empat butir kecaman dan tuntutan yaitu :

Masyarakat Sumut menyatakan sangat prihatin dan turut belangsungkawa kepada warga sipil Palestina yang telah menjadi korban kekejaman Zionis Israel.

Mengutuk segala bentuk kekerasan dan genosida yang dilakukan oleh Zionis Israel terhadap warga sipil Palestina.

Meminta kepada PBB untuk melindungi warga sipil Palestina serta melakukan langkah efektif untuk menghentikan serangan militer Israel sekaligus menegakkan hukum militer internasional terhadap Zionis Israel.

Meminta kepada mahkamah kriminal internasional untuk segera melakukan penyidikan terhadap zionis Israel, menyidangkan dan menetapkan Zionis Israel sebagai pelaku kejahatan perang.

Terkait dengan aksi kemanusiaan bertajuk “Sumut Bela Palestina” yang digagas oleh MUI Sumut dan MUI Medan, FKUB Sumut dan Medan serta Ormas Islam di Istana Maimoon Medan, H.Bachtiar Nasir mengapresiasi dan mengucapkan, Alhamdulillah acara hari ini dihadiri ribuan orang tuntutan kita tetap Indonesia akan memperjuangkan bersama rakyatnya sampai Palestina merdeka dan berharap pembantaian manusia segera dihentikan.

Menyinggung soal boikot produk yang didanai oleh zionis Israel, kata Bachtiar Nasir tetap memboikot. “Nantinya kita harapkan akan bisa menghidupkan sentra-sentra ekonomi UKM dalam negeri, agar terbangun jaringan-jaringan ekonomi baru di kalangan masyarakat Indonesia sehingga ekonomi Indonesia semakin baik dan bisa membantu muslim di Palestina”, pesannya.

Tentang pengumpulan donasi dikatakan Bachtiar Nasir diharapkan di Sumut lebih dari Rp.1 Miliar nantinya untuk di hadiahkan kepada muslim Palestina dan berharap aksi kemanusiaan bertajuk seperti “Sumut Bela Palestina” bertuliskan “Pray for Palestine”, bisa dilakukan oleh umat beragama lainnya di seluruh Indonesia termasuk penyampaian pesan-pesan agama masing-masing di rumah ibadah dan majelis taklim.(*)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.