Lintas Mengabarkan
Iklan Paunk

Pasca Lebaran, Wadir Lantas Polda Sumut Sidak ke Polres Belawan

MEDAN – Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadir Lantas) Polda Sumut, AKBP Luthfi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Pelabuhan Belawan, Selasa (23/4/2024) siang

Dari sidak tersebut, Lutfhi menemukan proses pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) sudah berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Saya cek tadi dari mulai pendaftaran sampai loket-loket berikutnya, ternyata (nama pemohon) terdaftar. Tidak ada masyarakat datang langsung foto. Jadi, mekanismenya dilalui,” ujar Luthfi didampingi Kasat Lantas Polres Pelabuhan Belawan, AKP Pittor Gultom.

Kata Lutfhi, sidak itu dilakukan setelah libur Lebaran Idul Fitri lalu, dan kesibukan pada kegiatan Operasi Ketupat Toba 2024, sehingga perlu kembali mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan-pelayanan kemarin kan sempat libur, sekarang sudah normal kembali. Masih ada cuti dan yang sudah bertugas. Ke depan harus dioptimalkan kembali,” tegasnya.

Dia mengaku, dalam sidak tersebut sempat mengecek seluruh laci petugas untuk memastikan sistem pelayanan masyarakat yang telah sesuai aturan.

Sebab, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menekankan kepada seluruh personel untuk tetap melayani masyarakat dan tidak melakukan pungutan liar (pungli)

“Saya cek laci-lagi petugas kami tidak temukan uang. Saya berpesan kepada Kasat Lantas supaya mengindahkan pesan Bapak Kapolri, kita dilarang melakukan pungli. Jalankan sesuai mekanisme pengurusan SIM sudah berjalan dan terkait juga biaya yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Lutfhi sempat menemui seorang warga pemohon SIM, dan tidak ada yang dikeluhkan. Malah, warga mengucapkan terima kasih atas pelayanan sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP).

“Tadi saya temui salah satu masyarakat pemohon yang selesai melaksanakan ujian, ternyata ujian praktek sangat gampang. Yang bersangkutan juga mengapresiasi pelayanannya sudah sangat baik. SOP berjalan dengan baik,” sebut Lutfhi.

Sementara, dua warga pemohon SIM mengucapkan terima kasih kepada Satlantas Polres Pelabuhan Belawan.

“Setelah menjalani ujian praktek dan teori saya berhasil lulus dan mendapatkan SIM. Semoga Satlantas Polres Pelabuhan Belawan semakin dicintai masyarakat,” ucap David dan Suhada.(ahmad)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.