Lintas Mengabarkan
Iklan1

Guru Pahlawan ku

BANGKA SELATAN – Hari ini sabtu 25 November 2023 adalah hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya. Hari dimana seluruh pahlawan tanpa tanda jasa bersuka cita sebab dihari inilah sebuah momentum penuh kegembiraan dan suka cita bagi seluruh guru di Indonesia dirayakan. Guru bukan hanya sebuah profesi belaka, melainkan tugas mulia yang datang dari hati nurani terdalam setiap insan manusia.

Bukan tanpa sebab Hari Guru Nasional diakui keberadaanya manusia tidak akan tumbuh hebat, tanpa sosok guru yang menopangnya untuk terbang. Hal itulah yang membuat kita wajib mengetahui sejarah Hari Guru Nasional.Sehingga nantinya dengan adanya sejarah, mampu membuat kita memamahi dan menghormati arti Hari Guru.

Perayaan Hari Guru Nasional yang penuh haru ini bersamaan dengan hari lahirnya organisasi profesi guru. Sebuah organisasi yang sebutannya yakni Persatuan Guru Indonesia (PGRI). Tahun ini, PGRI tepat memperingati ulang tahunnya yang ke-78 Tahun.

Hari Guru Nasional menjadi momen yang tepat bagi seluruh masyarakat di Indonesia untuk mengapresiasi jasa para guru. Guru adalah sebuah tombak bagi negara untuk memajukan kesejahteraan dengan melalui pendidikan. Guru menjadi salah satu pemegang peranan penting dalam mencerdaskan anak bangsa hingga menciptakan generasi unggul.

Peringatan Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Sebagai bentuk penghormatan, pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan hari lahir PGRI sebagai hari Guru Nasional untuk diperingati setiap tahun.

Setiap tahun, peringatan Hari Guru mengusung tema yang berbeda. Kali ini, tema yang diangkat oleh pengerus PGRI Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan adalah”Transformasi Guru Wujudkan indonesia maju. Tema yang sangat penting untuk ditanamkan pada seluruh insan yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Tema tersebut diharapkan dapat mengobarkan semangat para guru untuk terus berinovasi dalam mewariskan ilmunya demi mewujudkan SDM yang unggul dan berkualitas.Semoga dengan adanya Hari Guru Nasional ini dapat semakin erat memupuk semangat nasionalisme kita untuk bisa belajar lebih keras lagi dengan tujuan memajukan kesejahteraan Indonesia di masa yang akan datang. Bagi seluruh guru di Indonesia, jasamu akan selalu dikenang. Satu-satunya pahlawan tanpa tanda jasa yang tak akan pernah terlupa. Semoga Hari Guru Nasional ini mampu menyalakan semangat belajar selamat hari guru nasional 25 november 2023 .

Guruku engkau bagaikan pahlawan bagiku, engkau tidak pernah lelah dalam menjalankan tugasmu dan kami juga sangat terkesan kepadamu karena atas kesabaranmu dalam mengajarkan kami dan memberikan sedikit demi sedikit ilmu yang engkau punya. Sehingga tidak tahu dengan cara apa dapat membalas semua jasa-jasamu.

Guru, engkau adalah pahlawan tanpa tanda jasa, begitu banyak jasamu kepadaku, namun tak pernah ada balasan setimpal yang engkau peroleh dariku. Sungguh aku menyesali semua itu, kenapa aku tidak pernah ingin mendengarkanmu, bahkan hanya kekesalan yang engkau peroleh ketika menyaksikan tingkah laku kami, ketika engkau mengajariku, begitu malasnya kami mengerjakan PR-PR yang engkau berikan di sekolah, tingkah kami sering kali pula membuatmu hampir berputus asa mendidik kami menjadi orang-orang yang berguna bagi Agama, Bangsa dan Negara, tapi kami terkesima karena ternyata engkau masih tegar dan ternyata terus tegar mendidik kami dengan penuh keikhlasan dan kasih sayang, meskipun imbalan yang engkau terima tak pernah cukup untuk menghidupi keluargamu.

Guruku, saat ini ketika kami mulai mengenal arti kehidupan ini kami baru menyadari siapa dirimu sebenarnya, ketika perjalanan hidup kami yang berliku-liku ini memberi kami banyak pelajaran berarti. Guruku, sungguh keputusan yang tepat ketika engkau mengambil inisiatif untuk mengemban profesimu yang sangat mulia sebagai pendidik, engkau telah menjejakkan kakimu di pelataran untuk membangun dan mencetak generasi yang lebih kreatif dan inovatif.

Guruku engkau bagaikan orang tua yang sering mendidik kami walaupun kami berbuat nakal,selalu tidak mematuhi perintah sekolah dan bahkan tidak mengerjakan tugas yang engkau berikan tapi engkau tetap selalu menyayangi kami.
Guruku, kuharap engkau masih mengingatku kelak, karena aku pasti akan selalu merindukanmu, selalu mendo’akanmu. Dan sebelum kuakhiri, aku memohon do’amu agar harapanmu dulu bisa ku wujudkan, karena aku yakin tiada yang bisa lebih membahagiakan seorang guru kecuali melihat anak-anak didiknya berhasil, dan aku benar-benar ingin membahagiakanmu.

Wahai guruku, tahukah dirimu, bahwa engkau adalah pahlawanku, Pahlawan bagi setiap murid-muridmu.Semoga dengan adanya Hari Guru Nasional ini dapat semakin erat memupuk semangat nasionalisme kita untuk bisa belajar lebih keras lagi dengan tujuan memajukan kesejahteraan Indonesia di masa yang akan datang.(Putri Rahmawati)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.