Lintas Mengabarkan
Iklan1

Semak Belukar Bahayakan Pengguna Jalan Lintas Terangun – Abdya

GAYO LUES – Saat ini pengguna Jalan, terlebih pengemudi kenderaan baik Roda Empat maupun roda dua yang mau menuju lintas Aceh Barat daya (Abdya) sangat terganggu akibat tumbuhan dan semak belukar membumbung tinggi, sehingga rumput – rumput yang berada di kanan dan kiri jalan lintas Abdya tersebut sudah menjulur memakan bahu jalan sehingga jalan lintasan Abdya tersebut menjadi sempit.

Menurut Warga berinisial MR (47) yang sering melintasi jalan Abdya tersebut kepada Wartawan, Kamis (02/11/2023) mengatakan, biasanya ada Petugas yang memotong Rumanja tersebut jika rumput tersebut sudah mulai tinggi, namun kami juga heran kok belum terlihat para petugas yang membersihkan Rumanja tersebut.

“Biasanya bang, jika rumput yang berada di kiri dan kanan jalan lintas Abdya ini jika Udah tinggi itu sudah ada petugas yang membersihkannya namun kita lihat saat ini belum ada yang membersihkannya,” Ujarnya.

Menurut MR, semak belukar yang menjalar ke ruas jalan itu hampir di sepanjang jalan lintas Abdul, mulai dari Kecamatan Terangun hingga ke jalan Abdya. Kondisi seperti ini tentunya dapat membahayakan pengguna jalan yang melintas ke arah Abdya maupun sebaliknya yang sehari – hari dilalui kenderaan Roda Empat dan Roda dua Antar Kabupaten tersebut.

Apalagi jika melintasi jalan Abdya maupun sebaliknya kondisi terkini sangat sempit yang terhimpit semak – semak belukar disepanjang jalan lintas Abdya tersebut. Bahkan MR mengatakan, saat ini semak belukar yang tumbuh disisi kiri dan kanan jalan lintas Abdya tersebut sudah menjulur memakan bahu jalan dengan ketinggian mencapai dua hingga tiga Meter lebih.

“Nah, yang kita takutkan lagi,itu yang berada di tikungan tajam, karena pandangan Para Pengendara terhalang oleh semak belukar tersebut,” Kata MR lagi.

Hal sama juga disampaikan oleh RS (77) Warga Terangun, saat ini kondisi jalan lintas Abdya tersebut sudah terhimpit semak belukar yang kerap memicu kecelakaan lalulintas, dan bahkan bisa terjadi tabrakan akibat terhadap semak belukar tersebut.

“Tabrakan di lintas Abdya tersebut biasanya selain karena Faktor kelalaian pengendara, juga terkadang disebabkan Kondisi jalan yang semakin bersemak belukar seperti saat ini,” Tuturnya.

Selain itu katanya, apalagi tanda – tanda Rambu lalulintas di daerah tersebut minim akibat tertutup semak belukar, sehingga pengendara tidak mengetahui kondisi jalan di hadapannya.

Misalnya, ada tikungan tajam ataupun turunan yang tikungan tajam yang berliku – liku ditambah lagi dengan semak belukar sehingga pengendara sangat kawatir dan bisa – bisa salah melihat jalur akhirnya fatal akibatnya.

“Kita berharap kepada pihak yang berwenang agar segera memotong semak belukar tersebut, agar nantinya tidak membahayakan para pengendara yang melintasi, terlebih di malam hari,” Harapnya.(asen)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.