Lintas Mengabarkan
Iklan Paunk

Hari ke Dua, Polres Samosir Bersihkan Eceng Gondok di Pantai Danau Toba

 

SAMOSIR – LintasWarta.Net
Jajaran Personil Polres Kabupaten Samosir melakukan pembersihan eceng gondok di hari kedua disekitaran Pantai Danau Toba wilayah hukumnya. Turut hadir Personil dari Polres Samosir, jajaran, serta berbagai instansi terkait bergabung sebagai upaya pembersihan dan mengatasi masalah eceng gondok di danau, Jumat (29/9/2023) di Pangururan.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat sebagai persiapan menuju perhelatan besar yaitu Event Aqua Bike World Championship yang sudah dijadwalkan akan berlangsung tanggal 24 November 2023 di perairan Danau Toba wilayah hukum Polres Samosir.

Sebelumnya, personil yang terlibat lebih dahulu menggelar apel kesiapan dan pemeriksaan yang dipimpin oleh Waka Polres Samosir Kompol Saut T Panggabean didampangi Kabag Ops Kompol M. Hasan. Apel ini dihadiri personil Polres Samosir, anggota Koramil dan staf Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir.

Wakapolres memberikan beberapa arahan penting kepada seluruh tim. Kegiatan dibagi menjadi lima ploting untuk wilayah perairan Danau Toba Pangururan. Diminta untuk bertanggung jawab terhadap anggotanya, dan Kasi Propam bertugas untuk memeriksa personil yang telah melakukan ploting. Selain itu, peserta diingatkan untuk menjalankan tugas dengan ikhlas dan penuh dedikasi.

Adapun lokasi ploting untuk wilayah perairan Danau Toba Kecamatan Pangururan mencakup Water Front City yakni Mulai dari Alur Tano Ponggol dibawah jembatan, Tugu Naibaho sampai Balai Perpustakaan, perairan belakang SMP N 1 Pangururan, depan Hotel Dainang sampai pantai Kantor Dishub Samosir.

Untuk wilayah perairan Danau Toba Kecamatan Harian pembersihan eceng gondok dilakukan di Pantai Desa Turpuk Limbong, dengan titik Dermaga Pelabuhan Onan Rihit hingga belakang Kantor Desa Turpuk Limbong dan sepanjang pinggiran Pantai Desa Turpuk Sihotang.

Kegiatan serupa juga berlangsung di Pantai Danau Toba wilayah Nainggolan khususnya sekitar Pantai Desa Sipinggan Lumban Siantar. Sedangkan di Pantai Danau Toba wilayah Simanindo pembersihan eceng gondok berfokus di Pantai Ambarita Desa Ambarita.

Selama pelaksanaan, tim masih menggunakan alat sederhana untuk mengangkut eceng gondok dari pantai serta membawanya ke truk. Namun, di wilayah Pangururan, tantangan yang dihadapi adalah jumlah eceng gondok yang masih tinggi karena angin kencang telah menggesernya dari pantai Desa Tanjung Bunga dan Kelurahan Siogung-ogung menuju lokasi yang baru dibersihkan.

Selain itu, beberapa area di tepi Danau Toba terdapat eceng gondok yang tumbuh lebat dan saling mengikat, menyulitkan upaya pengangkatan. Hal ini memerlukan bantuan alat berat untuk mengatasi kendala tersebut.

Ada juga kebutuhan kapal untuk menggeser eceng gondok yang berada di tepi danau toba yang tidak dapat dijangkau dari daratan. Dalam hal ini, kapal menjadi kendaraan utama untuk menjangkau lokasi-lokasi tersebut dari perairan Danau Toba.

Melalui upaya pembersihan ini, tim yang terlibat berharap untuk menjaga keindahan Pantai Danau Toba serta mempersiapkan danau ini sebagai tempat yang aman dan bersih untuk pelaksanaan Event Aqua Bike World Championship yang akan datang.

Kabag Ops Polres Samosir menyampaikan bahwa “kegiatan pembersihan eceng gondok untuk hari ini berakhir Sekira Pukul 11.00 Wib yang berjalan dengan aman dan akan dilanjjtkan pada hari Jumat tanggal 06 Oktober 2023,” pungkas Kompol M. Hasan. (JB Rumapea)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.