Lintas Mengabarkan
Iklan Paunk

Deklrasi Pemilu Damai dan Kesepakatan Pendanaan Bersama Pilkada 2024

 

SAMOSIR – LintasWarta.Net – Untuk menyukseskan pemilu serentak, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengikuti deklarasi Pemilu Damai yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) di Hotel Grand Mercure di Medan.

Turut hadir Pj Sekda, Rita Tavip Megawati, Kadis Kominfo dan Kaban Kesbangpol dan Forkopimda Samosir, Kamis (28/9/2023) di Medan.

Usai Deklarasi Pemilu Damai, Bupati melakukan penandatanganan kesepakatan pendanaan bersama pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak tahun 2024 dengan Pejabat Gubernur Sumatera Utara.

Kegiatan ini juga diikuti Bupati/Walikota Se-Sumut, Forkopimda Kab/Kota, ketua KPU, Bawaslu Kabupaten/kota, Ketua Partai Politik kabupaten/kota, Calon DPD.

Pj. Gubsu, Hassanudin menyampaikan, pada pemilu yang lalu partisipasi pemilu berada di 78 %. Menurutnya, ada 6 jenis pemilu dalam 1 tahun di waktu yang sama yang akan dilaksanakan di Tahun 2024 mendatang. Dengan demikian hal ini tentu akan menimbulkan beberapa potensi yang akan terjadi.
“Ini perlu menjadi perhatian kita bersama untuk mempersiapkan pencegahan dan preventif kemungkinan yang akan terjadi,” paparnya.

Selanjutnya Hasanuddin juga menyampaikan kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Sumatera Utara merupakan provinsi yang seksi. Sebab, Sumut adalah penyumbang suara terbesar keempat secara nasional, setelah Jawa Barat 35,7 juta, Jawa Timur 31,4 juta, Jawa Tengah 28,2 juta.

Sebelumnya, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Pemprov Sumut Ardan Nur menyampaikan, kegiatan ini sebagai komitmen peserta pemilu dan pemerintah kabupaten/kota dalam pendanaan. Selain itu, juga untuk menciptakan suasana kondusif pemilu dan pasca pemilu serta penetapan Pos Pemilu Tahun 2024. (JB. Rumapea)

 

 

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.