Lintas Mengabarkan
Iklan Paunk

Menteri LHK RI Tutup Diklat Reguler Polhut Tahun 2023

SUKABUMI – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar secara resmi menutup Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pembentukan Reguler Polisi Kehutanan (Polhut) tahun 2023, pada upacara penutupan pendidikan yang digelar di lapangan danau Situ Gunung Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Kamis (23/11/2023).

Upacara penutupan Diklat Pembetukan Reguler Polhut tahun 2023 diikuti oleh 486 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia, terdiri dari 440 Polhut Laki-laki dan 46 Polhut Wanita.

Bertindak selaku inspektur upacara, dalam amanatnya Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar mengakatan bahwa penyelenggaran Diklat ini merupakan bagian penting dalam upaya untuk menghasilkan jajaran anggota Polhut yang memiliki kemampuan dalam melakukan pengamanan, pencegahan, penangkalan dan penindakan non yustisil secara profesional, berintegritas, responsif dan inovatif.

Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Setukpa Lemdiklat Polri atas kerja sama yang baik dalam rangka penyelenggaraan Diklat Polhut ini sehingga berjalan sesuai dengan harapan, ungkap Siti Nurbaya.

Jangan pernah lelah untuk Indonesia, jangan pernah letih untuk Ibu Pertiwi, pungkasnya.

Pada moment upacara penutupan Diklat Pembentukan Reguler Polhut 2023 tersebut, Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK M.Hum menyampaikan Diklat Polhut ini diselenggarakan selama 45 hari di Setukpa Lemdiklat Polri, dibuka tanggal 10 Oktober dan ditutup 23 November 2023.

“Selama 45 hari ini mereka melaksanakan pendidikan dan latihan, dimana nantinya ketika mereka keluar memiliki kompetensi lulusan sebagai pelaksana pengamanan, pencegahan kemudian penindakan sesuai dengan lingkup dan peraturan perundang-undangan yang diemban oleh Kementrian LHK” Ujar Brigjen Mardiaz kepada awak media.

Terdapat tiga tahapan dalam proses Diklat Polhut ini, yang pertama tahapan pengantar, kedua tahapan pemdalaman materi yang mana dalam tahap ini mereka diberikan pendidikan sikap dan tata nilai, etika kemudian beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa yang berazaskan Pancasila, kemudian juga dibekali keterampilan kerja umum dan keterampilan kerja khusus, yang ketiga tahapan pembulanan, tambah Brigjen Mardiaz.

Selama dua hari terlahir ini mereka melaksanakan tahap pembulatan, latihan kerja dan latihan teknis, hiking dari Setukpa menempuh jarak sekitar 20 KM dan endingnya mereka melaksanajan upacara penutupan yang dihadiri oleh ibu menteri langsung, Pungkasnya.

Selesai upacara, dimeriahkan dengan peragaan berbagai ketangkasan dan yel-yel yang diperagakan oleh mantan peserta latihan Diklat Pembentukan Reguler Polhut TA. 2023.(asen)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.