Lintas Mengabarkan
Iklan Paunk

Kabid Humas Polda Sumut: 15 Oknum Polrestabes Medan Bukan DPO tapi di PTDH

MEDAN – Beredar kabar bahwa 15 personel Polrestabes Medan masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO). Mereka disebut terlibat kasus perampokan dengan modus jual-beli sepeda motor.

Berikut daftar nama 15 personel Polrestabes Medan tersebut:

1. Bripka Sutrisno
2. Bripka Ari Galih
3. Aiptu Sutarso
4. Bripka Riswandi
5. Brigadir Afriyanto Maha
6. Brigadir Sapril
7. Brigadir Muhammad Ade Nugraha
8. Brigadir Jefri Suzaldi
9. Brigadir Eliot TM Silitonga
10. Brigadir Mulyadi
11. Brigadir Refandi
12. Briptu Haris K. Putra
13. Bripda Erdi Kurniawan
14. Bripda Hasanuddin Sitohang
15. Brigadir Rudianto Ginting

Penjelasan Polda Sumut Kabid Humas Polda Sumatra Utara (Sumut), Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, 15 personel Polrestabes Medan itu tidak masuk dalam DPO. Namun, dia menjelaskan, 15 anggota Polri tersebut telah menjalani proses pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH).

“Bukan DPO, mereka sudah di-PTDH semua,” kata Hadi, Selasa (18/6/2024).

“(PTDH) terkait berbagai pelanggaran kode etik profesi Polri,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Sub Bidang Humas Polda Sumut, AKBP Sonny W. Siregar mengungkapkan, sebagian dari 15 personel tersebut diduga terlibat dalam kasus perampokan modus jual-beli sepeda motor dengan sistem Cash On Delivery (COD), pada Oktober 2022.

“Mereka masuk ke dalam DPO karena terlibat perampokan, termasuk komplotannya ini,” ujar Sonny.

Bahkan, dia menyampaikan, tiga orang polisi sudah ditangkap dan diadili dalam kasus tersebut, yakni Bripka Ari Galih Gumilang, Briptu Haris K. Putra, dan Bripka Firman Bram Sidabutar.

Propam Polda Sumut pun sudah memecat ketiga anggota Polrestabes Medan tersebut, pada Selasa (11/11/2022). Ketiganya diduga melakukan tindak pidana percobaan Pemerasan dan Percobaan Pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 368 ayat (1) Jo Pasal 53 KUHPidana atau Pasal 363 ayat (1) ke 4 e Jo Pasal 53 KUHPidana.

Korbannya adalah Uli Arti Boru Tarigan dan Fasha Ferdilan Sembiring sesuai dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/3125/X/2022/SPKT/Polrestabes Medan/Polda Sumut tanggal 6 Oktober 2022.(*)

Tinggalkan komen

Alamat email anda tidak akan disiarkan.